Makalah Pemasaran Produk Peternakan


Makalah Kuliah-Berikut kembali saya posting sebuah contoh makalah buat Anda mengenai Pemasaran Produk Peternakan. (Ingat yach : apa pun yang saya posting ini hanya sebagai contoh buat Anda, referensi, don't copast). Dan kalau pun ingin menjadikannya sebagai referensi dalam pembuatan makalah kuliah Anda maka sebaiknya jangan ambil 100%, atau seutuhnya karena kalau begitu itu namanya tidak fair kali yach. Okey kembali ke makalah kuliah "Pemasaran Produk Peternakan", sekilas makalah ini akan membahas mengenai bagaimana konsep pemasaran atau distribusi dalam hasil produk peternakan.
Yuk, daripada berlama-lama, simak saja berikut contoh makalah kuliah yang merupakan salah satu tugas kuliah :


BAB I
PENDAHULUAN
Pemasaran adalah segala usaha yang diutamakan atau diperlunya agar barang-barang hasil produksi dimungkinkannya mengalir secara lancar ke sekitar konsumsi. Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Dalam pemasaran produk peternakan terdapat kaitan dalam peningkatan produk peternakan. Selain itu terdapat perbedaan antara dalam pemasaran produk pertanian dan produk industri. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari pembuatan makalah ini.



BAB II
PEMBAHASAN
1.    Pengertian Pemasaran
Pada dasarnya pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan yang lain (Kotler dan Armstrong, 2001). The American Marketing Association (Czinkota dan Kotabe, 2001:3) merumuskan definisi pemasaran yang lebih menekankan pada proses manajerial yaitu proses perencanaan dan penetapan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
2.    Peningkatan Produk Peternakan Kaitannya dengan Pemasaran
        Makin dekatnya pasar dan makin baiknya harga produk-produk peternakan akan mendorong makin meningkatnya :
  1. Gairah kerja para peternak 
  2. Gairah belajar para peternak untuk mengikuti pembinaan-pembinaan dan penyuluhan-penyuluhan peternakan hingga pada pengguanaan teknologi tepat guna. 
  3. Pengelolaan peternakan untuk mencapai kuantitas dan kualitas.
  4. Pengelolaan dan pemeliharaan ternak dengan penuh tanggung jawab.
3.    Peningkatan Produk Peternakan kaitannya dengan Usaha Pemenuhan Kebutuhan
Agar para peternak dalam usaha meningkatkan hasil ternaknya tidak menderita kerugiaan-kerugiaan jika produknya dipasarkan sehingga harus dibekali dengan pengetahuan tentang pemasaran. Dengan diketahuinya teknologi pemasaran oleh para peternak, maka mereka akan dapat :
  1. Menyesuaikan peningkatan usahatani dengan produk-produk yang sangat dibutuhkannya peran konsumsi baik kuantitas maupun kualitas.
  2. Melakukan penyimpangan-penyimpangan produk-produk peternakan agar kualitas produk tetap terpelihara dan dapat nilai yang wajar saat dipasarkan. 
  3. Melakukan penghematan-penghematan dalam proses produksi. 
  4. Melakukan peningkatan-peningkatan kualitas melalui proses industri.
  5. Melakukan penjualan-penjualan kontrak yang dapat menguntungkan para peternak. 
  6. Cara melakukan penjualan dan hubungannya dengan konsumsi. Cara penjualan langsung atau transitmarket lebih menguntungkan.
4.    Perbedaan dalam Marketing Produk Pertanian dan Produk Industri
William. J. Staton (2011)  memberikan pendapat perbedaan antara pemasaran dan penjualan adalah sebagai berikut :
  • Penjualan
a.    Tekanannya pada produk.
b.    Perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian bagaimana menjualnya.
c.    Perencanaan berorientasi ke jangka pendek, berdasarkan produk dan pasar.
d.   Tekanannya pada kebutuhan penjual
e.    Manajemen berorientasi pada laba volume penjualan
  • Pemasaran
a.    Tekanannya pada keinginan dan kebutuhan konsumen
b.    Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru
c.  Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian menbuat atau mencari jalan keluarnya bagaimana membuat dan menyerahkan produk tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen.
d.   Berakhir pada kepuasan konsumen
Dari kedua perbedaan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penjualan berawal dari produk dan berakhir pada ketentuan atau laba, sedangkan pemasaran berawal dari keinginan konsumen berakhir pada kepuasan konsumen.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skema berikut:
Secara visual dapat digambar kan:
  • Konsep penjualan
Produk->Penjualan dan Promosi->Laba Melalui Jumlah penjualan.
  • Konsep pemasaran
Kebutuhan -> pemasaran terpadu ->laba melalui jumlah Kepuasan pembeli. 

Pemasaran produk-produk peternakan yang masih berupa produk primer yang tidak sama dengan produk-produk hasil olahan (industri), baik secara teknis maupun dalam bidang organisasinya. Perbedaan itu terutama disebabkan sifat-sifatnya yang memang berbeda dan perbedaan pada proses produksinya, dapat diuraikan sebagai berikut :
a.       Sifat dan Proses Produksi Produk Peternakan
1.  Dalam memproduksi hasil peternakan, kegiatan-kegiatan yang diperlukan sifatnya hanya “mengatur”. Mengatur agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas (dapat dikatakan produksi organisasi).
2.  Produksinya bersifat inelastic, artinya tidak dapat diperbesar dan diperbanyak sekehendak hati dalam waktu-waktu yang kita kehendaki.
3.    Berlaku Hukum “The Law of Diminishing Marginal Returns”.
4.  Karena sifat produknya cepat rusak, maka usaha peningkatan produk tergantung dari pasar atau para konsumen, dekatnya pasar, lancarnya pemasaran, banyaknya permintaan dan terciptanya harga yang wajar merupakan pangkal kegairahan dalam meningkatkan produksi.
b.      Sifat dan Proses Produksi Produk Industri
1.  Produksi industri merupakan produksi mekanis, dapat diperbesar atau diperkecil, dapat diubah-ubah bentuk dan kualitasnya sehingga merupakan produkyang bersifat elastis, sesuai dengan kehendak pasar.
2.    Ongkos eksploitasi pada produksi industri umumnya besar, tetapi sebagian besar terletak pada investasi-investasi. Hal ini disebabkan maksud produksi dalam jangka panjang yang selanjutnya akan menguntungkan produksi-produksinya yang berjangka pendek.
3.    Aktifitas produksi jangka pendek atau besar kecilnya produksi dalam waktu itu tergantung dari tersedianya dana variabel dan pertimbangan-pertimbangan pemasaran sehubungan dengan arus permintaan akan produk.
4.     Makin besarnya produksi jangka pendek dapat menurunkan ongkos persatuan.
Karena perbedaan sifat dan proses produksinya, maka dalam pemasarannya pun masing-masing akan mengemukakan ciri-ciri khusus yang menonjol, antara lain :
  1. Pemasaran produk-produk peternakan harus menjamin agar produk-produk tersebut dapat cepat tersalurnya, mengingat produk-produk tersebut cepat rusak. 
  2. Pemasaran produk-produk industri walaupun juga harus menjamin agar produk-produknya dapat cepat tersalurnya tetapi dalam hal ini terdapat antara adanya jangka waktu. Dimana pemasaran dilakukannya dengan perhitungan dan pertimbangan-pertimbangan yang matang dan kalau permintaan akan terlalu besar dibanding dengan pemasaran produk peternakan.
Dalam menganalisa masalah tata niaga, ada 4 pendekatan yang biasa dipakai yaitu:
  1. Pendekatan serba fungsi (the functional apprach) yaitu, melakukan penelaan jasa-jasa, pelaksanaaan aktifitas-aktifitas dan tindakan/perlakuan-perlakuan dalam proses tata niaga.
  2. Pendekatan serba lembaga (the institutional approach) yaitu, melakuakan penelaan atas berbagai kelembagaan yang membantu bergerak dalam melancarkan penyampaian barang-barang ke pasar atau konsumen. 
  3. Pendekatan bermacam-macam barang (the commodities approach) yaitu, melakukan penelaan atau deskripsi terhadap barabg-barang. 
  4. Pendekatan secara teori ekonomi (the economic theoritical approach) yaitu, penelaaan dihubungkan dengan asas-asas atau hukum-hukum di bidang ilmu ekonomi atau teori ekonomi. Cara ini perlu ditambahkan bagi kombinasi penelaan di atas.



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
  • Pemasaran adalah segala usaha yang diutamakan atau diperlunya agar barang-barang hasil produksi dimungkinkannya mengalir secara lancar ke sekitar konsumsi.
    • Peningkatan Produk Peternakan Kaitannya dengan Pemasaran. Makin dekatnya pasar dan makin baiknya harga produk-produk peternakan akan mendorong makin meningkatnya : 
    1. Gairah kerja para peternak. 
    2. Gairah belajar para peternak untuk mengikuti pembinaan-pembinaan dan penyuluhan-penyuluhan peternakan hingga pada pengguanaan teknologi tepat guna. 
    3. Pengelolaan peternakan untuk mencapai kuantitas dan kualitas. 
    4. Pengelolaan dan pemeliharaan ternak dengan penuh tanggung jawab. 
    • Perbedaan dalam marketing produk pertanian dan produk industri terutama disebabkan sifat-sifatnya yang memang berbeda dan perbedaan pada proses produksinya.



    DAFTAR PUSTAKA
    Staton, William. J. 2011. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2069513-perbedaan-pemasaran-dan-penjualan/#ixzz1LMUTKm9. Diakses pada tanggal 2 Mei 2011.


    Semoga makalahnya dapat memberikan manfaat. Salam kutukuliah
    Untuk Anda yang ingin mendownload makalah ini, silahkan klik link download di bawah ini :
    download makalah

    2 komentar:

    Poskan Komentar

    Laporkan jika ada saran, keluh kesah, atau ada link download yang mati atau aus melalui kotak komentar ini.

    Atau melalui fans fage kami http://www.facebook.com/pages/Kutu-Kuliah/354307204652949