Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2013

Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2013 - Pada 2013, tetap tersedia tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) seperti tahun-tahun sebelumnya. Ketiga jalur itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri yang dilaksanakan tiap-tiap PTN.

Menteri Nuh dalam Jumpa Pers akhir Tahun 2012 dengan tema Membeli Masa Depan Dengan Harga Sekarang menjelaskan bahwa ada perubahan dalam pola penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2013.

Seleksi yang digelar 61 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini, tahun depan pola SNMPTN tidak akan membuka jalur ujian tulis tetapi hanya jalur undangan. Daya tampung untuk SNMPTN 2013 mencapai 150.000 kursi atau 50% dari total kapasitas mahasiswa baru (maba) yang mencapai 300.000 kursi.

Apa perbedaan di antara ketiganya? “SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. “Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri.
Posting Komentar