Tips Sukses Kuliah : Mengenal Kebiasaan Dosen

loading...
Tips Sukses Kuliah : Mengenal Kebiasaan Dosen-Dunia mahasiswa akan sangat jauh berbeda dengan dengan dunia putih abu-abu (SMA). Dalam dunia kuliah, biasanya tips belajar Anda yang telah Anda dapatkan di bangku SMA atau SMP setidaknya harus dimodifikasi atau malahan dirombak total untuk bisa survive dalam dunia kuliah atau kampus, artinya dapat sukses akademik dan sukses lainnya dalam dunia kampus.

Sukses kuliah memang tidak harus dengan mempunyai IPK yang perfect 4,00. Banyak memang perdebatan, buat apa IPK tinggi tapi kita nol organisasi, pengemabangan soft skill. Tapi, kita juga atau Anda mungkin akan risih juga dengan orang-orang yang katanya mengurus "organisasi, pengembangan diri malah ribet atau nol dalam bidang akademik. IPK pas-pasan, mahasiswa satu koma (masako)". Jadi, terlihat ada kontradiksi atau dikotomi antara dunia organisasi, pengembangan diri dengan dunia akademik. Mungkin ada pertanyaan, apakah kedua aspek ini dapat kita raih secara bersama-sama? Jawabannya tentu ya.
Untuk sukses kuliah, bisa banyak berkawan, masuk kegiatan pengembangan diri (organisasi, UKM) tetapi menonjol bahkan menjadi yang terbaik dalam akademik setidaknya Anda harus mempunyai tips atau taktik, strategi dalam menghadapi dunia perkuliahan. Nah, salah satu dari sekian banyaknya cara agar kuliah Anda sukses adalah kemampuan Anda untuk mengenal kebiasaan dosen.

Mengenal kebiasaan dosen amatlah penting. Bagaimana pentingnya ?

Dengan mengenal kebiasaan, karakter dosen maka setidaknya Anda dapat mempersiapkan langkah kecil atau langkah awas atau antisipatif untuk memaksimalkan sukses Anda agar semakin mudah diraih. Dengan mengenal kebiasaan dosen, maka Anda dapat mengenal titik celah atau kelemahan atau bahkan aspek penilaian si dosen yang bersangkutan. Ini penting untuk kembali memaksimalkan capaian nilai Anda.

Setelah Anda paham pentingnya mengenal kebiasaan dosen. Lalu, bagaimana cara mengetahui kebiasaan dosen ? 

Untuk mengenal kebiasaan dosen, berikuit cara yang dapat saya rekomendasikan :

1. Masuk Kuliah Hari Pertama,

Kuliah hari pertama penting untuk diikuti. Pada saat itu, dosen akan menjelaskan mengenai tujuan kuliah, cakupan isi kuliah dalam semester itu dan akan dibicarakan dari minggu ke minggu. Biasanya, dalam kuliah hari pertama juga dijelaskan tentang kontrak perkuliahan, yang ini juga penting untuk diketahui. Dalam kuliah hari pertama, biasanya dan banyak dosen yang akan memberikan gagasan umum mengenai organisasi kuliah dan tujuan mata kuliahnya, memberi peta dan agenda, termasuk daftar buku yang harus kita baca.

2. Bertanya kepada Kakak Tingkat (Senior)

Ini juga adalah cara terbaik untuk mengetahui kebiasaan dosen, dengan bertanya langsung kepada saksi hidup. Hehehe. Senior yang telah mengambil mata kuliah atau setidaknya pernah berhadapan dengan dosen tersebut. Dengan bertanya kepada kakak tingkat atau senior tentang kebiasaan dan atau karakter dosen maka ini memberikan peluang yang besar bagi Anda untuk sukses. Dengan bertanya pula, Anda kemungkinan besar diberi tips tambahan.

Mungkin itu dulu yang dapat saya share mengenai cara mengetahui kebiasaan dosen. Selanjutnya tugas Anda adalah memaksimalkan energi Anda pada titik poin penilaian dosen tertentu pada mata kuliah tertentu.
loading...

0 Response to "Tips Sukses Kuliah : Mengenal Kebiasaan Dosen"

Posting Komentar