Trik Kuliah : Menghafal di Waktu Subuh

Trik Kuliah : Menghafal di Waktu Subuh - Suasana dunia kuliah memang akan sangat berbeda dengan dunia SMA atau SMP.

Dunia kampus menghendaki kita untuk mengifiesienkan waktu dan capaian belajar kita. Jika kita ingin berhasil dalam dunia kampus, akademik maka tentunya kita harus punya persiapan, trik agar materi kuliah dapat kita maksimalkan untuk diterima.

Dunia kampus tidak akan sama dengan dunia SMA atau SMP. Dunia kampus, tidak akan dikenal lagi dosen atau pengajar 'menyuapi' peserta didiknya layaknya para pelajar. Seorang mahasiswa pastinya akan dituntut lebih untuk mencapai hasil maksimal.

Salah satu trik belajar yang mungkin sering Anda terapkan di masa SMA atau SMP yang patut Anda pertahankan adalah kebiasaan belajar atau mengulang materi kuliah di waktu pagi hari atau tepatnya di subuh hari  (jam 5 pagi).

Kenapa ini penting ? Berikut alasan yang dapat kami uraikan mengenai 'kehebatan' belajar, mengulang materi kuliah, pelajaran di waktu subuh hari.
  1. Lebih Segar. Karena otot-otot tubuh telah diistirahatkan, kini mereka kembali bekerja dengan sigap. Anda tidak lagi berperang dengan rasa capek dan pegal-pegal. Alhasil, pikiran lebih terfokus.
  2. Konsentrasi penuh. Konsentrasi mutlak diperlukan saat Anda belajar. Ketika tidur, tubuh memproduksi hormon noreadrenalin sebagai pembangkit konsentrasi. Bila Anda belajar saat subuh, kadar serotonin dan noreadrenalin dalam jumlah tinggi sehingga dapat dengan mudah berkonsentrasi.
  3. Mempercepat proses berpikir. Hal ini disebabkan saat subuh udara masih kaya akan oksigen. Oksigen diperlukan untuk membuat energi di otak sehingga proses berpikir menjadi lebih lancar. Pada malam hari, tumbuhan mengeluarkan karbondioksida yang kurang baik untuk otak sehingga proses berpikir ikut lambat.
  4. Temperatur paling baik untuk belajar. Suhu atau temperatur lingkungan yang sejuk dapat meningkatkan daya serap dan konsentrasi belajar. Di waktu subuh, udara masih dalam keadaan sejuk sehingga dapat mengoptimalkan proses belajar.
Nah, itulah tadi alasan yang dapat saya share mengenai trik kuliah kali ini, semoga dapat diaplikasikan.
Posting Komentar