Pengumpulan, Pengolahan, dan Analisis Data Penelitian

Pengumpulan, Pengolahan, dan Analisis Data Penelitian - Pengumpulan Data. Ada empat hal yang menyebabkan data tidak valid yaitu: 1) Instrumen, 2) Rumusan masalah, 3) Hipotesa, 4) Peneliti.
 
Berdasarkan atas pendekatan atau luasnya data yang dikumpulkan, maka ada tiga metode pokok pengumpulan data yaitu:

a)    Sensus : ditempuh dengan cara mengumpulkan informasi-informasi yang dibutuhkan dari seluruh unit populasi yang berhubungan yang terdapat dalam populasi.

b)    Survey : dengan cara menghubungi sebagian atau sekelompok tertentu dari populasi yang berhubungan dalam area penelitian tertentu guna menggali informasi yang dibutuhkan.

c)    Studi kasus : dengan cara menarik sampel dalam unit sampel tertentu yang berhubungan dan dipelajari secara mendalam.

Berdasarkan konsep operasional pengumpulan data, maka ada tiga metode pengumpulan data yaitu:
  1. Observasi : melalui proses pencatatan secara cermat dan sistematis terhadap obyek yang diamati secara langsung.
  2. Wawancara : metode pengumpulan data dengan cara bertanya langsung.
  3. Penyebaran daftar isian/Angket : daftar isian yang memadai sebagai bahan dasar pengumpulan informasi serta informasi tentang keberadaan calon responden, dimana mereka bermukim.
Pengolahan dan Analisis Data

    Analisis yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh dari hasil penelitian terdiri atas:
  1. Analisis Korelasi;  suatu teknik untuk menentukan sampai sejauh mana terdapat hubungan antara dua variabel.
  2. Analisis Korelasi Berganda; suatu teknik untuk menentukan hubungan antara lebih dari dua variabel.
  3. Analisis Korelasi Parsial; Suatu teknik yang menentukan mana diantara berbagai variabel independen mempunyai pengaruh terbesar terhadap variabel dependen, dengan catatan apabila diketahui memang ada hubungan antara variabel tersebut.
Dalam penelitian kuantitatif terdapat beberapa bentuk pengolahan data yaitu pengolahan dalam bentuk statistik. Ada dua penggolongan besar dalam pengolahan statistik untuk penelitian sosial yaitu:
  1. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif, digunakan pada penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan keadaan gejala sosial apa adanya, tanpa melihat hubungan-hubungan yang ada. Dikenal beberapa teknik statistik deskriptif antara lain distribusi frekuensi yang terdiri dari tabel biasa atau tabel frekuensi, gambar histogram, poligon, ogive, sorabi/lingkaran, tendensi sentral dan standar deviasi.
  2. Pengolahan data menggunakan statistik inferensial,  digunakan pada penelitian eksplanasi, yaitu suatu jenis penelitian yang mencari hubungan, pengaruh, dan perbedaan antara satu variabel dengan variabel lainnya,  yang bertujuan tidak saja mendiskripsikan keadaan gejala sosial yang tampak, tetapi lebih jauh lagi ingin melihat hubungan-hubungan kausalitas diantara gejala-gejala tersebut. Beberapa statistik inferensial antara lain Chi kuadrat, regresi, korelasi, dan lain-lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

Laporkan jika ada saran, keluh kesah, atau ada link download yang mati atau aus melalui kotak komentar ini.

Atau melalui fans fage kami http://www.facebook.com/pages/Kutu-Kuliah/354307204652949