Tips Untuk Mahasiswa Baru


Tips Untuk Mahasiswa Baru - Menjadi mahasiswa baru merupakan sebuah anugerah. Itu menurut saya. Memang sebagai seorang yang baru pasti kita harus beradaptasi terhadap lingkungan baru kita, apalagi yang kita baru selepas dari SMA dan ke kota maka mau tidak mau kita harus mengkondisikan diri kita untuk dapat bertahan, adaptasi dengan lingkungan baru kita.

Bagi mahasiswa baru mungkin akan banyak rasa di dalamnya. Rasa bangga mungkin karena sudah berada pada jenjang perguruan tinggi, rasa cemas terhadap mata kuliah, dosen, atau kakak senior nantinya di fakultas maupun di jurusan, dan berbagai macam rasa yang lainnya.

Menjaga atau mewujudkan prestasi di perguruan tinggi atau kampus merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan. Harus ada langkah awal untuk memulai menetapkan prestasi apa yang akan kita ukir nantinya di perguruan tinggi. Dengan begini, maka hidup kita di perguruan tinggi akan terarah dengan baik. Oke, berikut saya berikan tips mudah, tips ringan bagi mahasiswa baru yang ingin berprestasi di perguruan tinggi.

1. Perbanyak Kenalan
Ini menurut saya langkah awal sekali. Ada kalimat bijak untuk mengambarkan akan pentingnya poin pertama ini. "Seribu kawan untuk masih sedikit, tapi satu musuh itu sudah banyak sekali". Berkenalan lah dengan siapa pun itu, baik antar sesama mahasiswa baru, antar mahasiswa beda jurusan dan fakultas serta berkenalan pula dengan mahasiswa yang lebih tinggi tingkatnya dengan Anda (kakak tingkat : senior maksudnya). Selain itu, Anda harus juga mengenal lokasi atau lingkungan Anda, baik itu tempat tinggal Anda (asrama, kost, pondokan) maupun areal kampus Anda.

2. Tentukan Target sejak Sedini Mungkin
Menentukan target merupakan sebuah yang agak sulit. Tetapi akan sulit lagi jika Anda baru menentukan terget kuliah Anda setelah lama kuliah, kelamaan. Dengan menentukan target dan tujuan dari awal maka Anda sebenarnya sudah dapat menfokuskan segala potensi yang Anda miliki. Ini sangat penting agar energi Anda tetap berada pada titik yang satu agar dapat menembus impian dan cita-cita dengan cepat. Penentuan target ini harus spesifik, biasanya dipakai kaidah SMART.

3. Mulai dari sekarang Rubah Cara belajar Anda
Mungkin hari ini gaya belajar di saat duduk di perguruan tinggi akan sangat jauh berbeda. Metode belajarnya pun akan sangat berbeda dengan metode belajar di masa putih abu-abu. Di perguruan tinggi memang akan sangat banyak akses informasi yang akan kita dapatkan, makanya perlu mengetahui potensi diri berupa cara belajar yang paling efektif. Di perguruan tinggi kebanyakan menggunakan metode belajar SCL (Student Center Learning), artinya mahasiswalah yang harus aktif dalam mencari informasi, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator. Pokoknya, jika Anda tidak merubah cara belajar Anda maka dapat dipastikan Anda akan tertinggal. Jadi, sebagai langkah awal mulailah untuk mengetahui gaya belajar Anda.

Mungkin, itu sedikit share yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Postingan selanjutntya Insya Allah akan membahas hal-hal yang mendetil lagi. Pada akhirnya semoga artikel ini dapat bermanfaat....
Posting Komentar