Alasan Mengapa Harus Kuliah

Alasan Mengapa Harus Kuliah
Ilustrasi Mahasiswa
kampus - Selepas SMA atau Aliyah atau SMK pasti kita akan dihadapkan untuk memilih apakah akan melanjutkan studi ataukah tidak. Sebenarnya kesadaran untuk memilih apakah akan lanjut atau tidak seharusnya dipupuk dari awal, pasalnya beberapa cita-cita kita tidak akan tercapai misalnya kalau tidak dilanjutkan dengan studi lanjut seperti dokter, insiyur, dosen, apoteker, dan lain sebagainya.
Alasan Mengapa Harus Kuliah. Berba mampu untuk merumuskannicara tentang mengapa kita harus kuliah maka apabila kita mampu untuk merumuskannya secara kuat dalam diri kita dalam bentuk dorongan atau motivasi maka akan menjadi energi tersendiri bagi kita nantinya. Pasalnya, ada juga kasus loh, para pemuda yang melanjutkan kuliah adalah karena dorongan orang. Dorongan oraeng tua juga penting, tetapi yang perlu awal dibangun adalah proses mental dalam diri kita sendiri. Disaat orang yang memutuskan untuk kuliah, tidak mampu untuk meninternalisasi dalam dirinya tentang bagaimana pentingnya kuliah, hanya atas dasar dorongan orang tua maka bisa saja kuliahnya ya sekedar kuliah, bagai orang yang sekedar datang ke kampus, tempat kerja atau sekolah hanya untuk isi absen. Gelar disandang, namun isi dari gelar tidak di dapat.
Beberapa alasan terkuat, mengapa kita harus kuliah:

1. Ingin menggapai cita-cita
Bangku kuliah atau akademi memang menjadi jembatan buat kita untuk meraih cita-cita kita. Cita-cita itu diantaranya menjadi dokter, insinyur, advokat, akuntan, dosen, dan lain sebagainya. Ya, walaupun ada juga cita-cita yang tidak perlu menjalani masa kuliah untuk menggapainya. Apa itu ??? Yuk, mikir sama-sama.. hehehe.

2. Mendapatkan Pekerjaan
Alasan satu dan dua ini sebenarnya hampir berelasi, dengan kuliah pekerjaan tertentu yang jarang orang bisa dapatkan tentunya akan menjadi peluang besar buat kita untuk menggapainya. Bandingkan saja mungkin peluang kerja antara lulusan SMA dengan sarjana ? Maka sebagian besar diantara kita setuju bahwa yang sarjana peluang dapat kerjanya lebih tinggi dan biasanya juga posisi pekerjaannya juga berada pada level yang lebih tinggi.

3. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan, SDM
Dengan kuliah bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas SDM kita. Pasalnya, tentu di dunia kuliah banyak sekali ilmu yang bakal kita dapatkan mulai dari ilmu yang dapat meningkatkan kecerdasan kita (maksudnya pengetahuan) dan kualitas Sumber Daya Manusia yang kita miliki seperti keterampilan atau keahliah-keahlian khusus yang akan kita miliki nantinya.

Alasan Tambahan, untuk kuliah :
4. Meningkatkan Status Sosial
Ya kuliah ternyata bisa meningkatkan status sosial kita di dalam masyarakat. Mahasiswa masih menjadi elemen yang berpengaruh di tengah-tengah masyarakat. Ini mungkin akan sangat terasa jika kita berada di daerah atau di kampung. Orang-orang yang berada di kampung atau desa sangat menghormati bagi seorang yang menjadi mahasiswa. Ini mungkin karena peran mahasiswa yang masih begitu sakral sebagai agenhant of change.

5. Cari gelar
Saya masukkan dalam urutan ini karena kayakanya kalau motivasi ini yang menjadi center kita maka bisa saja kuliah kita akan berantakan. Soalnya mencari dan mendapatkan gelar sekarang ini sungguh mudah. Bagi kasusu yang jual beli ijazah kali yach. Saran saya janganlah ini menjadi alasan atau motivasi kita untuk kuliah, mencari dan menyandang gelar tertentu tetapi tidak punya kapasitas sama juga bohong.

Alasan lain, hal lain yang bisa di dapatkan didunia kuliah:

6. Relasi
Relasi atau hubungan atau jaringan saat ini juga menjadi sangat penting. Di dalam dunia kuliah, pastinya kita akan bertemu dengan orang-orang yang punya cita-cita yang sama denga kita, misal jadi dokter maka tentu kita secara tidak langsunng akan membetuk hubungan atau relasi antar sesama calon dokter. Kan mantap, banyak kenalan, banyak relasi, banyak pula rezeki. Hehehe.

7. Softskill, organisasi
Kuliah menjadi tempat yang paling strategis buat kita mengasah softskill yang kita miliki. Bukan hanya mengasah sebenarnya, tetapi persoalan menemukan dan menumbuhkan softskill ini maka dunia kuliah menjadi arena buat kita untuk mendapatkan dan mempertajamnya.
Organisasi merupakan salah satu jalan buat kita untuk mengasah softskill sekaligus menambah relasi kita dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kita miliki.

Alasan pembungkus yang bisa membuat semuanya menjadi indah, bermakan dan berkesan:

8. Mencari Ridha Tuhan
Menuntutu ilmu pengetahuan adalah salah satu jalan buat kita untuk mendapatkan kasih sayang, rahmat dari Allah SWT. Dengan motivasi ibadah, maka kuliah akan menjadi dunia yang bermakna buat kita,  bernilai ibadah. Tapi, harus benar dalam pelaksanannya. Hehehe

Enhanced by Zemanta

0 komentar:

Poskan Komentar

Laporkan jika ada saran, keluh kesah, atau ada link download yang mati atau aus melalui kotak komentar ini.

Atau melalui fans fage kami http://www.facebook.com/pages/Kutu-Kuliah/354307204652949