Bahan Pakan Ternak Berdasarkan Spesifikasinya


Penggolongan Bahan Pakan Berdasarkan Spesifikasinya

Spesifikasi bahan pakan dibedakan menjadi tujuh kelompok yang masing-masing mempunyai batas maksimal dalam penggunaannya dan akan mempengaruhi rasa, warna, bau, dan tingkat toksikasi, ketujuh kelompok tersebut  adalah sebagai berikut:

1. Kelompok Biji--Bijian
Ciri khusus yang dimiliki kelompok ini yaitu mengandung karbohidrat dengan konsentrat tinggi, sedangkan kandungan protein, serat kasar, vitamin dan mineralnya rendah. Contoh bahan pakan yang termasuk dalam kelompok ini yaitu jagung, gandum, sorgum, dan sejenis padi-padian.

2. Kelompok Hasil Sampingan Biji-Bijian
Kelompok ini adalah hasil buangan atau by product dari kelompok biji – bijian, juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Contoh bahan pakan yang termasuk jenis ini adalah dedak padi/bekatul/lunteh, dedak gandum dan pollard.

3. Kelompok Biji-Bijian Sumber Minyak
Kelompok ini selain mengandung energi yang cukup tinggi juga sebagai sumber protein, lemak dan minyak. Penggunaannya sebagai bahan pakan unggas sangat bersaing dengan penggunaan sebagai bahan pakan untuk manusia. Yang termasuk dalam kelompok bahan pakan ini adalah kacang tanah, wijen, kacang kedelai.

Posting Komentar