Feed Suplement Ternak Unggas


Feed Suplement Ternak Unggas - Feed suplement adalah tambahan pakan yang berasal dari zat gizi seperti dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, asam amino, enzim hormon dan lain-lain.

Feed suplemen adalah makanan pelengkap untuk pakan unggas agar lebih baik kwalitas maupun gizinya. Feed suplemen ini biasa disebut premix . Premix biasanya terdiri dari vitamin asam amino ,mineral, anti biotik atau keempatnya.
 
Feed suplement yang dapat membantu meningkatkan konsumsi pakan

Peningkatan konsumsi dapat dilakukan dengan memperbaiki tekstur pakan (pellet binders atau perekat pellet). Tekstur makanan untuk unggas yang paling baik adalah apabila berbentuk pellet. Pellet dapat meminimalisir kekurangan bentuk pakan yang lain. Bentuk amba (bulky) menyebabkan pakan sulit dikonsumsi dan cepat mengenyangkan. Bentuk mash (halus) menyebabkan pakan sulit dikonsumsi dan berdebu. Supaya penggunaan pakan tersebut dapat dimaksimalkan, tekstur makanan tersebut perlu dirubah menjadi tekstur yang lebih kasar guna menyesuaikan dengan bentuk paruh unggas, salah satunya dalam bentuk pellet.

Feed suplement yang membantu pencernaan
Pencernaan dapat dioptimalkan dengan cara memberikan enzim. Pemberian enzim protease umpamanya akan meningkatkan kecernaan protein. Pemberian enzim lipase akan meningkatkan kecernaan lemak dan pemberian enzim karbohidrase akan meningkatkan kecernaan karbohidrat.

Feed suplement untuk meningkatkan sisi komersial produk ternak.
Salah satu contoh yang populer adalah penggunaan karotenoid. Karetenoid adalah pigmen berwarna kuning. Karotenoid dapat digunakan untuk pigmentasi ayam broiler dan kualitas kuning telur. Konsumen umumnya menyukai ayam broiler yang kulitnya berwarna kuning sehingga terlihat segar dan menarik perhatian. Beberapa contoh produk karotenoid adalah karotenoid sintesis, carophy yellow dan jagung kuning.

Feed suplement untuk meningkatkan metabolisme
Salah satu feed supelement yang umum digunakan untuk meningkatkan metabolisme adalah estrogen. Estrogen menyebakan penimbunan lemak lebih banyak dan karkas yang diperoleh lebih empuk. Feed suplement lainnya adalah kasein dan yodium yang dapat mempercepat pertumbuhan bulu dan menurunkan kadar lemak. Hormon dapat mengatur siklus bertelur dan molting. Senyawa arsen dapat menstimulasi pertumbuhan.

Bahan Bacaan :

BAHAN PAKAN UNGGAS NON KONVENSIONAL. OLEH: DR. IR. WAHYU WIDODO
Posting Komentar