Struktur Penulisan Makalah

Struktur-Penulisan-Makalah
Makalah Kuliah-Sebelumnya mungkin saya banyak meng-up load berbagai jenis makalah, atau contoh makalah-makalah saya di perkuliahan tanpa memberikan struktur baku dari makalah kuliah yang sebenarnya. Okey, semangat dengan hadirnya postingan saya ini dapat memberikan atau menukar kesalahan saya. Hehehe (WTTJUGFHPG98).
Makalah kuliah yang Anda buat di bangku kuliah, bukan sekedar kumpulan literatur-literatur tanpa struktur dan aturan tetapi dalam pembuatan makalah itu sendiri terdapat struktur yang Anda harus penuhi agar makalah yang Anda buat itu nantinya betul memahami pokok permasalahan yang Anda jabarkan dalam makalah Anda. Okey.
Secara umum, struktur makalah terdiri dari :
1. Cover / Bagian Sampul Makalah. 
Dalam bagian ini, terdiri dari judul, logo kampus/universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah di buat.

2. Kata Pengantar

Biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, gambaran sedikit mengenai makalah, ucapan terima kasih, dan terakhir biasanya terdapat harapan penulis ataupun permintaan sumbangsih saran dan kritik.

3. Daftar Isi

Saya rasa tidak perlu saya jelaskasn. Anda sudah banyak melihat bagaimana struktur daftar isi.

4. BAB I Pendahuluan

Dalam makalah yang Anda buat, bagian BAB I, bab tentang pendahuluan secara umum berisi tentang gambaran umum tentang makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengankat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini meliputi :
  1. Latar Belakang. Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus. 
  2. Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda. 
  3. Maksud dan Tujuan, berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.

5. BAB II Pembahasan

Pada bagian ini, Anda membahas secara tuntas permasalahan yang Anda angkat pada BAB I. Pada bagian ini adalah bagian dari isi sesungguhnya makalah Anda. Dalam bagian pembahasan, Anda harus memaparkan fakta-fakta yang memperkuat tulisan Anda. Harus berisi kajian referensi beberapa/banyak penulis yang mendukung gagasan yang Anda sampaikan. 

Pada bagian ini pula, asumsi pribadi Anda diminimalkan. Artinya asumsi yang Anda buat harus ada kajian literatur maupun referensi sebelumnya. Mengungkap fakta.

6. BAB III Penutup

Pada bagian kedua dari terakhir ini, Anda membuatkan semacam kesimpulan dari pembahasan yang Anda bahas pada BAB II. Ada pula yang menambahkan saran.

7. Daftar Pustaka

Berisi daftar referensi rujukan yang Anda ambil untuk  makalah Anda. Referensi rujukan dapat berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau aturan penulisan daftar pustaka yang Anda harus penuhi.

8. Lampiran

Ini tidak mutlak harus ada. Pada bagian ini Anda melampirkan data-data pendukung makalah Anda. Bisa berupa foto-foto  kegiatan, dll.

Okey, itulah tadi struktur penulisan makalah yang dapat saya share kepada Anda semoga dapat bermanfaat buat Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Laporkan jika ada saran, keluh kesah, atau ada link download yang mati atau aus melalui kotak komentar ini.

Atau melalui fans fage kami http://www.facebook.com/pages/Kutu-Kuliah/354307204652949