Tips Memilih Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi

Tips Memilih Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi-Kutukuliah, pada kesempatan kali ini membuat postingan yang menyangkut rubrik "Rehat Kuliah".

Rubrik ini dimaksudkan agar memberikan info-info terkait dunia kuliah. Rehat Kuliah ini ingin memberikan penyejuk baru, suasana baru untuk Anda, informasi yang fresh yang bikin juga Anda berpikir nantinya. Jadi, kuliah itu tidak muluk-muluk tugas, makalah, soal, dan lain sebagainya. Kuliah, jangan di jadikan beban. Setuju tidak....!
Postingan kali ini saya beri judul "Tips Memilih Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi", saya maksudkan untuk Anda calon mahasiswa baru agar tidak bingung, kelimpungan saat ditanya "Mau kuliah dimana ?, jurusan apa ? dan prodi apa ?". Pasalnya pertanyaan demikian sering kali atau acapkali dilayangkan bagi mereka yang akan lepas dari bangku sekolah menegah atas (masa putih abu-abu, kata mereka).

Berikut adalah tips untuk Anda disaat dihadapkan pilihan untuk memilih Jurusan, Prodi di Perguruan Tinggi :

Untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, seorang calon mahasiswa terlebih dahulu harus dapat mengukur kemampuan akademiknya, menentukan program studi apa yang diminatinya, menentukan jenis program studi yang diinginkannya, dan mencari informasi mengenai perguruan tinggi mana yang menyelanggarakan program studi yang diminatinya tersebut. Termasuk menanyakan pada dirinya, apa yang menjadi cita-citanya? Keahlian apa yang diperlukan bila seorang mahasiswa memilih karir tertentu? Apakah calon mahasiswa yang bersangkutan ingin belajar jauh dari orang tuanya ? Berapa dana yang dibutuhkan? Pendeknya, ada beberapa yang dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika akan memilih suatu perguruan tinggi, antara lain program studi, biaya, reputasi perguruan tinggi yang bersangkutan, status akreditasi, fasilitas pendidikan yang tersedia, serta kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya. 
  1. Pertama-tama tentunya kamu harus memiliki KEMAUAN untutk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, karena tekad dan semangat yang kuat akan memperkecil resiko kegagalan. 
  2. Sesuaikan CITA-CITA, MINAT dan BAKAT yang dimiliki. Mengembangkan BAKAT yang ada disertai dengan MINAT & CITA-CITA akan menjadi pilihan yang tepat dalam memilih Perguruan Tinggi, Contohnya, Jangan memilih Sastra Bali jika bercita-cita menjadi Dokter atau jangan mengambil Teknik Sipil jika tidak suka menggambar
  3. Pertimbangkan LOKASI Perguruan Tinggi yang dituju serta BIAYA yang dibutuhkan seperti biaya perkuliahan dan biaya hidup selama masa kuliah. 
  4. Pilih lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau memiliki biaya hidup yang rendah
  5. Kumpulkan Informasi Selengkap Mungkin. Sebelum kalian menetukan pilihan jurusan, sebaiknya kalian kumpulkan dulu informasi selengkap – lengkapnya mengenai jurusan tersebut. Informasi – informasi tersebut bisa berasal dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, kakak kelas, teman mahasiswa, internet dan lain – lain. Pastikan bahwa orang yang menjadi sumber informasi tersebut adalah orang yang memang paham atau pun menguasai jurusan yang kalian tanyakan. Informasi yang harus kamu gali adalah mulai dari profil jurusan tersebut, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, lokasi, biaya, daya tamping jurusan/peluang diterima, fasilitas (laboratorium, perpustakaan, dll), kegiatan kampusnya, kualitas alumninya, dan sebagainya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu kalian dalam memilih jurusan.
  6. Bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi mempunyai potensi akademik yang baik, jangan khawatir tidak bisa kuliah. Calon mahasiswa dapat memanfaatkan beasiswa yang banyak ditawarkan baik oleh pemerintah atau lembaga swasta. 
  7. Perguruan tinggi yang baik juga memiliki fasilitas belajar yang memadai, mulai darr kampus terpadu, ruang kuliah, perpustakaan dan laboratorium yang layak dan memada.
  8. Ingat bahwa JENJANG PENDIDIKAN bagi lulusan SMA/SMK adalah Diploma1,2,3 menekankan pada keahlian tertentu dan Strata 1 , 2, 3 menekankan pada  penguasaan ilmu pengetahuan Perguruan Tinggi.
  9. Perhatikan, Ijin Penyelenggaraan PRODI dari Dikti dan Status Akreditasi Prodi dari BAN-PT dengan peringkat A,B,C dan tidak terakreditasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Laporkan jika ada saran, keluh kesah, atau ada link download yang mati atau aus melalui kotak komentar ini.

Atau melalui fans fage kami http://www.facebook.com/pages/Kutu-Kuliah/354307204652949