Tips Memilih Kost, Pondokan, Kontrakan bagi Mahasiswa (Baru)

tips memilih kost mahasiswa
Kampus - Mahasiswa yang sedang kuliah di sebuah perguruan tinggi, atau akademi biasanya banyak yang jauh dari tempat tinggalnya, atau rumahnya. Kebanyakan mahasiswa yang berkuliah adalah mahasiswa yang berasala dari berbagai daerah, provinsi bahkan lintas mancanegara. mungkin itu pula alasan kenapa disebut universitas karena ke-universalannya.

Tips memilih kost, pondokan, atau kontrakan akan sangat berguna sebenarnya bagi mahasiswa baru. Pasalanya, bagi seorang mahasiswa baru keadaan, situasi dan lingkungan tempat kuliah pasti akan sangat berbeda dengan masa putih abu-abu. ya, namanya juga mahasiswa baru. hehehe.

Biasanya, mahasiswa baru yang memilih untuk kost atau tinggal di pondokan atau kontrakan disebabkan karena memang tempat tinggalnya jauh dari kampus entah itu karena mahasiswa yang bersangkutan berasal dari luar daerah, provinsi atau tetap masih dalam satu daerah tersebut tetapi jarak rumah ke kampus misalnya agak jauh. Alasan untuk yang terakhir ini biasanya untuk menghemat ongkos kuliah, kan biasanya mahal kalau harus pulang balik rumah misalnya. Jadi, menetap alias kost-kostan di dekat kampus menjadi alternatif pilihan yang baik.

Namun, sebelum Anda melangkah untuk memilih untuk tinggal di sebuah kost, pondokan atau kontrakan ada baiknya Anda perhatikan dulu tips, atau saran yang berikut :
Yang Utama,
Pilih tempat kost yang paling dekat dengan lokasi anda kuliah, bekerja, atau aktifitas vital anda.

Dengan tempat kost yang dekat akan lebih mempermudah anda untuk beradaptasi dengan lingkungan baru anda. Selain itu lebih memudahkan anda di hari – hari pertama masuk kerja / kuliah. Dan juga bisa lebih menghemat energi, waktu dan uang karena jarak tempuh yang lebih dekat dan mudah.

Lingkungan
Carilah tempat kos yang lingkungannya mendukung dan kondusif untuk belajar. Kecuali Anda suka dengan lingkungan yang ramai dan bising. Lingkungan dapat Anda pilih sesuai keinginan. Jangan sampai memilih tempat kos yang membuat Anda tidak nyaman dengan lingkungannya. Keamanan Perlu juga melihat bagaimana keamanan daerah sekitar tempat kos. Karena saat Anda kuliah, di tempat kost tentu sepi. Dan tempat sepi adalah sasaran empuk maling. Masih lumayan kalau cuma sandal jepit yang hilang.

Biaya
Nah kalau soal ini berpulang pada kantong masing-masing. Emang sih, semakin tinggi harga, semakin bagus pula fasilitasnya. Tapi, kalau soal kenyamanan, itu kita yang merasakan. Siapa tau ada harga kos yang mahal, tapi kesannya dingin dan tidak bersahabat? Pilih yang sesuai sama kita saja. Terus perhatikan sistem pembayaran kos. Ada kos yang bayarannya perbulan, tapi ada juga yang bayarannya tiap semester.

Tempat
Sebaiknya memilih kost di tempat yang banyak pilihan tempat makan. Karena kalo dikit, biasanya harganya mahal. kalo banyak, pasti harganya saingan dan banyak pilihan. Selain tempat makan, juga cari yang deket sama warnet, fotocopy, laundry dan lain-lain yang menunjang segala kebutuhan kita. Pemilihan tempat kost yangd agak dekat dengan warung makan akan memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan makan saat anda dalam keadaan sibuk atau tergesa – gesa, atupun disaat tengah malam. Akan tetapi ini hanya berlangsung dalam beberapa minggu awal pertama Anda pindah ke kost. Setelah lebih dari satu bulan Anda akan hafal dengan sendirinya warung makan yang sesuai selera Anda di penjuru plosok desa dari kota yang anda tinggali.

Syarat lain, namun juga mendukung tidak boleh diremehkan :
  • Pilih lokasi tempat kost yang tidak kumuh dan kotor.
  • Periksalah keadaan kebersihan lorong kos, kamar mandi, kamar-kamar yang ditawarkan pemilik kos dan ruang-ruang yang nantinya kita gunakan.
  • Kost bersama teman-teman Sebagian mahasiswa sangat mengutamakan privasinya makanya banyak yang memilih kost sendiri, namun cobalah pertimbangkan kost bersama beberapa teman sekampus untuk menghemat pengeluaran sewa kost bulanan.
  • Pastikan kamar kost atau rumah kontrakan cukup terkena sinar matahari dan tentunya dan tentunya aliran, sirkulasi udaranya baik. Utamakan yang ada jendelanya, ini bisa menghemat biaya listrik untuk peralatan kipas angin atau AC nantinya. hehehe.
Posting Komentar