Persiapan Mahasiswa Baru (MABA)

Kampus - Bulan Juni sampai Agustus, September mungkin adalah sebuah langkah awal bagi Anda yang sedang mau menlanjutkan studi Anda ke jenjang lebih tinggi, tingkat universitas, institut, akademi setelah lepas dari masa siswa, putih abu-abu menuju ke tingkat mahasiswa. 

Selain menjadi langkah awal, pastinya Anda akan disibukkan dengan berbagai hal prosedural dan ritual dalam menuju pintu gerbang universitas. Mulai dari lulus dan lolos dulu dari jeratan ujian nasional, mungkin :). Setelah persiapan mental, tenaga, biaya, waktu, pengorbanan untuk lanjut studi.

Memang menjadi seorang mahasiswa baru alis MABA banyak hal yang Anda harus persiapkan tadi. Selain tekad yang kuat tentu juga memiliki hal-hal yang lain. Tapi, percayalah tekad, niat kuat adalah modal awal yang harus Anda tuntaskan sejak dari awal. Memiliki tekad dan tujuan yang kuat, akan mendorong Anda untuk selalu semangat.

Mungkin ada juga nih yang baca postingan ini kemudian, dalam hati berkomentar. "Wah, buat apa sih repot-repot persiapkan diri segala untuk masuk universitas ? Sesulit itukah masuk ke perguruan tinggi? misalnya.

Anda yang sedang asyik-asyiknya sibuk dan repot registrasi, ikut ujian, mendaftar ulang, prosesi penerimaan mungkin setelah dilalui semua dan sejenak Anda berpikir maka Anda akan mendapatkan jawabannya juga, bahwa memang kuliah, melanjutkan studi memang harus dipersiapkan dari awal.
 
Supaya tidak muluk-muluk. Anda dapat memeprhatikan hal-hal berikut untuk mempersiapakan diri menjadi mahasiswa baru :

1. Niat, tekad. 
Niat atau tekad adalah modal awal buat Anda. Tapi bukan sekedar niat atau tekad saja, namun niat dan tekad yang kuat. Niat dan tekad yang kuat akan mengantarkan Anda pada situasi, kondisi, posisi yang lebih baik.
 
2. Waktu, Tenaga, Uang
Kayaknya sudah semua akan Anda serahkan di saat menyebut list yang kedua ini. Ini sudah menjadi semua bagian yang terpenting dalam hidupku, lantas begini kah kuliah. 
 
Persiapan yang tidak matang sebenarnya menggiring Anda menantang ketidakpastian yang tidak bisa diraih. Siapa yang gagal merencanakan maka sebenarnya ia telah merencanakan kegagalan.
 
Waktu Anda tentu akan Anda habiskan untuk ikut registrasi, ikut ujian, ikut pendaftaran ulang, dan lain sebaginya. Tapi, yakin Anda bisa melaluinya. Sebenarnya tidak seseram yang Anda bayangkan. Cukup relakan diri Anda untuk menjalaninya satu per satu, biar tertib dan lebih mudah. :)
 
Tenaga. Mungkin yang punya banyak tenaga, maksudnya punya banyak orang untuk disuruh. Maka tenaga mungkin tidak terlalu digunakan. tapi, bagi Anda yang memang hebat, tegar karena keterbatasan, menantang diri untuk berjuang, pasti tenaga yang Anda kucurkan akan berbua manis.
 
Uang. Ini juga yang biasanya repot. Tidak kuliah karena alasan ekonomi. Tapi,buat Anda kesampingkan dulu ini faktor. Nanti akan ada jalannya, jalanlah dulu kemudian uang juga akan datang dari arah dari yang tidak AQnda sangka. Di Universitas banyak kok beasiswa berseliwereng, menunggu untuk Anda petik.
 
Uang juga Anda butuhkan sebenarnya untuk biayai Anda untuk sementara beli perlengkapan kuliah, seperti baju, celana, buku tulis dan teman-temannya. Tapi, janganlah terlalu Anda pikirkan. Prosesnya tidak serumit saat Anda menjadi siswa dulu. Buku sebenarnya bisa dikesampingkan, biar kuliah dulu baru beli buku.
 
3. Urus Administrasi
Urusan administrasi yang gampang buat Anda ingat adalah melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan dan diminta oleh pihak universitas atau perguruan tinggi tempat Anda mendaftar. lengkapi syarat berkas-berkasnya, maka jalan Anda sebenarnya sudah mulus.
 
Soal biaya administrasi, itu gampang. Mendaftar aja di universitas negeri, jangan di swasta. Sebenarnya pendidikan adalah hak dasar buat Anda, namun nyatanya pemerintah lepas tangan soal ini. Tapi, jangan Anda pikurkan dulu. nanti setelah masuku kuliah, setelah jadi aktivis. Hehehe :)
 
4. Siap-siap jadi "Bunglon"
Bunglon disini bukan denotasinya untuk pengkhianat atau penjilat yach. Tapi, maksudnya Anda harus pintar beradaptasi. Kalau sudah pintar beradaptasi, ya tinggal ditingkatkan lagi levelnya. Kang gampang, coba bergaul dengan teman yang beda sekali jauh rentan umurnya, yang lebih tua dari Anda.
 
Kemampuan adaptasi memang Anda sangat butuhkan. harus pintar membawa diri, dan sikap yang baik tentunya. Ini sangat Anda butuhkan karena lingkungan universitas adalah lingkungan universal dimana Anda akan banyak menemukan banyak karakter, karena beda pemikiran, suku, ras, bahkan bangsa, agama juag. Hehehe...
 
Daya adaptasi ini Anda perlu perhatikan, karena siapa yang tidak bisa beradaptasi maka dia kan tersingkir. Tapi, untuk adaptasi menjadi pribadi yang buruk, untuk kali ini buang aja deh. beradaptasilah menjadi pribadi yang baik dan terus baik karena baik-benar itu tidak ada batasnya...
 
Oke, mungkin itu yang bisa Anda persiapkan saat Anda menyandang gelar sebagai Calon, atau predikat Mahasiswa baru alias MABA. Keep spirit....
 
Kuliah itu menyenangkan, tidak percaya. Buktikan sendiri. Hehehehe....

Posting Komentar