Beasiswa bagi Mahasiswa

Beasiswa bagi Mahasiswa
Beasiswa bagi Mahasiswa - Menjalani kuliah mungkin hanya rezeki sebagian pemuda yang ada di negeri ini. Mengecam bangku kuliah bagi kebanyakan rakyat Indonesia terbilang masih sangat mahal. Cuman sedikit lulusan putih abu-abu yang mampu melanjutkan ke jenjang ini. Mau bukti ?? Survei aja ke desa-desa..hehehe.

Beasiswa kuliah. Memang masih ada sedikit harapan bagi mereka yang tekun atau memang gigih untuk kuliah yang berlatar belakang ekonomi lemah yakni beasiswa bagi mahasiswa, beasiswa kuliah. Di perguruan tinggi sudah disediakan berbagai macam beasiswa. Walaupun banyak, toh masih banyak yang takut melangkahkan kakinya ke jenjang studi lanjutan ini.

Bagi Anda mahasiswa atau calon mahasiswa, jangan patah arang dulu untuk kuliah. Salah satu alasan kuat kenapa banyak diantara Anda patah arang untuk kuliah karena tidak mengetahui tentang info beasiswa di perguruan tinggi. Untuk itu, kami berusaha posting artikel ini.

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah, sebenarnya terbagi dua yakni beasiswa kuliah yang diterima saat awal kuliah dan beasiswa kuliah yang baru bisa dinikmati saat kuliah sedang berlangsung.

Beasiswa bagi mahasiswa kategori pertama, beasiswa diterima diawal kuliah.

Ini mungkin info yang bagus buat Anda karena nyatanya ada beasiswa bagi mahasiswa yang baru saja mendaftar di perguruan tinggi negeri. Beasiswa ini akan diterima jika Anda sudah lolos verifikasi dan tentunya sudah dinyatakan juga lolos atau lulus diperguruan tinggi negeri. Nama beasiswa ini sudah umum mungkin ditelinga Anda, namanya beasiswa Bidik Misi

Beasiswa bidik Misi adalah beasiswa bagi mahasiswa yang dibayarkan selama 4 tahun full, mulai Anda kuliah perdana, awal semester hingga semester delapan (4 tahun). waktu yang cukup buat Anda untuk menyelesaikan kuliah. Pendaftaran beasiswa ini hanya berlaku untuk perguruan tinggi negeri dan verifikasi atau seleksinya juga dimulai pada saat Anda mendaftar ke perguruan tinggi. Jadi, seru kalau lolos dua-dua. Lulus di perguruan tinggi, lolos pula seleksi beasiswa Bidik Misi.

Beasiswa bagi mahasiswa kategori kedua, beasiswa saat kuliah berjalan

Jenis beasiswa ini baru Anda bisa nikmati jika kaki Anda sudah ada di perguruan tinggi. Jenis beasiswa inilah yang paling banyak jenisnya. Namun, biasanya jenis beasiswa ini baru bisa dinikmati saat Anda berada pada semester 3. Jadi, nabung atau bersusah-susah dulu sampai semester 3 baru bisa dapat subsidi juga dari pemerintah. Tidak apalah, yang penting dapat bantuan.

Selain yang dua di atas, beasiswa bagi mahasiswa juga dapat dibedakan atas pihak pemberi yaitu beasiswa dari instansi pemerintah dan beasiswa dari Swasta.

Beasiswa kuliah dari Pemerintah

Memang sepatutnyalah pemerintah untuk memberikan hak kepada rakyatnya untuk mendapatkan akses pendidikan yang murah. Salah satu caranya ya, berikan beasiswa yang sebanyak-banyaknya. Walaupun sebenarnya soolusi terbaik adalah kuliah GRATIS. Hehehe.

Beasiswa ini banyak sekali ragamnya, mulai yang pertama tadi : Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa PPA, beasiswa BBM, beasiswa Supersemar, dsb.

Beasiswa kuliah Non Pemerintah, Swasta

Beasiswa jenis ini juga banyak macamnya. Cuman tidak sepopuler dari beasiswa pemerintah. tapi, tidak ada salahnya Anda tahu. Siapa tahu Anda beruntung dapat beasiswa ini juga. Sebutlah misalnya beasiswa dari djarum (beswanjarum), beasiswa etos (dompet dhuafa), beasiswa dari bank-bank misalnya BRI, Mandiri, BCA, dsb.

Nah, itulah yang dapat kami share mengenai Beasiswa bagi Mahasiswa, semoga dapat membantu Anda.Saran : supaya Anda jeli, cekatan cari info mengenai beasiswa, karena untuk mendapatkan beasiswa haruslah di urus. Percaya deh....hehehehe
Posting Komentar