Jenis-jenis Makalah

Jenis-jenis Makalah


Jenis-jenis Makalah
Makalah biasanya dibagi menjadi dua jenis yaitu, makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper).

Makalah biasa (common paper), yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini, secara deskriptif dikemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji. Penulis juag memberikan pendapat, baik berupa kritik atau saran, mengenai pendapat yang dikemukakan. Dengan demikian, dalam makalah biasa ini tidak perlu berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya.

Penulis makalah biasa cenderung lebih bebas, tidak terikat posisinya sebagai mahasiswa, profesi, keahlian,atau posisi lain.

Makalah posisi (position paper), yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini tidak saja menunjukkan penguasaan pengetahuan tertentu, tetapi juga dipersyaratkan untuk menunjukkan di pihak mana penulis berdiri beserta alasannya yang didukung oleh teori-teori yang relevan. Untuk dapat membuat makalah posisi, penulis tidak hanya dituntut untuk mempelajari sumber tertentu, tetapi berbagai sumber yang pandangannya berbeda-beda dan bahkan mungkin sangat bertentangan.

Makalah posisi yaitu makalah yang ditulis berdasarkan posisi penulisnya, misalnya orang diminta menulis makalah dalam posisinya sebgai gubernur, menteri, ilmuwan, atau posisi lain. Penulis terikat pada posisi yang dipersyaratkan oleh panitia.
Posting Komentar