Tips Dapat Uang Saku Tambahan Anak Kuliahan

tambahan penghasilan buat mahasiswa
Rehat kuliah - Kuliah memang bukan cerita untuk orang berduit aja. Yang namanya kuliah atau studi di perguruan tinggi itu terdiri dari banyak latar belakang yang berbeda, beragam, dan heterogen. Beda suku, beda kelamin...heheh, dan tentu beda tingkat ekonominya. Kalau yang kuliah...cuman orang yang berduit maka matilah si miskin tanpa gelar. Hehehe...:)

Untuk mendapatkan uang saku tambahan mungkin menjadi salah satu konsen terbesar bagi mereka yang kuliah dengan pas-pasan. Tapi jangan pas-pasan yang ini, "Pas mau mobil, ada", "Pas mau beli laptop, ada". Itu mah namanya sudah berkecukupan, kaya raya.

Uang saku tambahan bagi mahasiswa mungkin ide biasa-biasa saja bagi mahasiswa yang miskin. (Maaf). Namun, menjadi ide yang sangat briliant bagi mahasiswa dengan latar belakang ekonomi yang kuat mau dengan senang hati mencari uang saku tambahan. Itu namanya mahasiswa mandiri.

Tambahan penghasilan buat mahasiswa memang sulit untuk direalisasikan, mungkin. Terlebih, kan tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar kalau bebannya ditambah dengan harus cari uang tambahan, mungkin akan sangat sedikit mahasiswa yang akan melakoni ini.

Nah, supaya judulnya kena sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut mungkin alternatif penghasilan tambahan buat Anda yang sekarang menyandang gelar sebagai mahasiswa, alias anak kuliahan.

1. Mengajar Les Privat, Jadi Tentor
Ini yang umum. Sudah saatnya mungkin Anda menggunakan modal kecerdasan yang Anda miliki untuk berbagi. Berbagi ilmu dan tentunya pengalaman bagi anak-anak SMA, SMP, atau bahkan anak SD. Tidak perlu kuasai seluruh mata kuliah dasar. Cukup lakoni salah satu. Misalnya, Anda senang dan jago pelajaran biologi. Maka Anda sangat cocok jadi tentor biologi. Sepakat....:).

2. Ikut kompetisi, Lomba
Ya, ini juga menjadi pilihan yang jitu buat Anda. Sambil lomba menyelam hadiah pula. Manfaatin deh sekarang apa yang Anda miliki. Ikuti lomba-lomba yang sering dilaksanakan, misalnya lomba buat karya tulis, lomba buat poster, lomba di bidang olahraga juga banyak. Misalnya ikut kejuaraan Karate, Silat, dan lain sebagainya. Siapa tahu jadi atlet...hehehe.

3. Jual Sesuatu
Kata sesuatu mungkin sangat luas maknanya. daripada maknanya meluber kemana-mana, saya persempit saja misalnya Anda jual jilbab, jualan kerajinan tangan, jualan mie-bakso (yambi setelah pulang kuliah).

4. Jadi Penulis Lepas
Ini juga jadi alternatif penghasilan tambahan buat mahasiswa. Manfaatin deh itu ke-jagoa-an Anda dalam menulis. Entah menulis cerpen, nulis opini, atau bahkan nulis buku. Untuk permulaan, Anda mungkin bisa aktif menulis di berbagai media, koran di daerah Anda. Biasanya Anda akan fee dari sini.

5. Buka Tempat Foto copy, Print
Anda mungkin memiliki printer di kost atau di rumah Anda. Mungkin, sekarang waktunya Anda berpikir untuk manfaatin itu barang-barang untuk dapat menghasilkan uang tambahan. Hindari, teman-teman Anda print gratis di tempat Anda. Cobalah untuk mengkomersilkannya. Bisnis ini tumbuh subur biasanya di dekat-dekat kampus. Kesempatan emas buat Anda.

6. Jadi Tukang Servis, Install Laptop, PC
Ini juga ide yang cukup bagus. Anda ahli di bidang bongkar pasang laptop, PC. Anda sangat berkesempatan untuk dapat uang tambahan dari keahlian Anda. Gunakan untuk membuka stand perbaikan, atau Install Laptop, Pc. Kan lumayan. Bayangkan berapa banyak laptop yang dilimiliki oleh civitas akademik di kampus Anda, dan bandingkan cuman sebagian kecil dari mereka yang bisa menginstall laptop, PC mereka.

7. Jualan Pulsa
Ini ide lama, tapi cukup menambah penghasilan Anda. Pantangan dari bisnis ini, jangan pandang bulu kasih utang pulsa sama teman-teman Anda. Bisa colaps bisnis Anda jika setiap teman Anda minta utang pulsa.

8. Bisnis Online
Kan sekarang kampus sudah banyak dilengkapi dengan wifi, internet gratis. Coba deh, manfaatin itu internet di kampus Anda untuk dapat penghasilan. Penghasilan on line tentunya. Jangan cuman up-date status mulu...gunakan juga untuk menulis di blog, mengelolah website. 

9. Buruh Beasiswa
Hahaha....ini mungkin cara yang cukup pragmatis. Tapi, tidak apa-apa karena memang sedang butuh. Satu hal, tergantung sama beasiswa itu tidak cukup buat Anda. Karena tidak akan membentuk karakter Anda untuk mandiri, apalagi sampai merubah, memanipulasi data-data untuk dapat banyak beasiswa. Hohohoh....


Semoga ini bermanfaat buat Anda.
Komentar jika Anda punya tips yang lain yach....hehehe
Posting Komentar