Makalah Kuliah Progeny Test/Uji Keturunan

Makalah Kuliah-Teman-teman kutukuliah yang semoga dalam keadaan baik-baik saja. Kutu kuliah pada kesempatan kali ini akan memposting buat Anda, share buat Anda contoh makalah kuliah yang mungkin dapat jadikan referensi atau pun rujukan buat Anda sebagai seorang mahasiswa yang masih aktif kuliah :) hehehe.
Makalah kuliah yang ingin saya share pada kesempatan kali ini yaitu contoh makalah kuliah yang berhubungan dengan peternakan, "Makalah Kuliah tentang Progeny Test atau Uji Keturunan" Uji keturunan pada ternak atau ada juga dalam refernsi lain mengatakan sebagai uji Zuriat akan sedikit-banyak akan di bahas dalam makalah kuliah ini. Semoga kehadirannya nanti dapat menjadi khasanah baru buat teman-teman. Ayo simak baik-baik, dan keep spirit kuliahnya. Hehehehe.


BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Penampakan ekspresi potensi ternak secara mendasar dipengaruhi oleh dua faktor utama yang sating terkait satu dengan yang lainnya, yakni faktor genetic dan lingkungan termasuk didalamnya manajemen pemeliharaan secara menyeluruh. Telah diketahui bahwa lingkungan dan penanganan manajemen yang memadai atau sesuai dengan kebutuhan ternak tidak akan memberikan ekpresi produksi (kualitas maupun kuantitas) yang diharapkan jika tidak didukung dengan potensi genetic ternak yang baik. Begitu pula sebaliknya jika ternak memiliki potensi genetic yang baik tidak akan terekspresikan secara optimal bila tidak didukung oleh lingkungan dan manajemen yang maksimal. Dengan demikian kedua faktor tersebut hendaknya memperoleh perhatian yang sama seriusnya dalam pemeliharaan komoditas temak yang dilakukan.
Pemulian merupakan suatu usaha untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu genetik ternak melalui pengembanganbiakan ternak-ternak yang memiliki potensi genetik yang baik sehingga diperoleh kinerja atau potensi produksi yang diharapkan.
Untuk mendapatkan sifat-sifat unggul, seleksi dan pengujian terhadap pejantan unggul adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Uji Zuriat atau juga dikenal dengan nama Progeny Test yaitu serangkaian uji pada calon pejantan untuk mengetahui kemampuan mewariskan sifat-sifat unggulnya pada keturunannya.


BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Umum Seleksi
Seleksi adalah istilah dalam pemilihan ternak yang menggambarkan proses pemilihan secara sistimatis ternak-ternak dari suatu populasi untuk dijadikan tetua generasi berikutnya.
Pada dasarnya seleksi dibagi menjadi dua bentuk yakni:
1.      Seleksi Alam
Seleksi alam yaitu pemilihan hewan atau ternak menjadi tetua untuk generasi selanjutnya, yang dilakukan oleh alam. Seleksi alarn yang berlangsung beratus tahun akan menghasilkan ternak yang mempunyai daya adaptasi dengan lingkungan alarn sekitar yang berlaku setempat.
2.      Seleksi Buatan Seleksi yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan tertentu.
Seleksi buatan selanjutnya dapat dibedakan menjadi :
a.         Seleksi Individual (Mass Selection)
Yaitu seleksi untuk ternak bibit yang didasarkan pads catatan produkti fitas masing-masing ternak. Seleksi individual pada ternak sapi adalah cara seleksi yang paling sederhana dan mudah dilakukan di pedesaan dengan dasar bobot sapih anak sapi yang ada dan sebagainya.
b.         Seleksi Kekerabatan (Family Selection)
Yaitu seleksi individu atas dasar performans kerabat-kerabatnya (misalnya saudara tiri sebapak atau saudara kandung).Seleksi kerabat dilakukan untuk memilih calon pejantan sapi perah dengan tujuan untuk meningkatkan produksi susu yang tidak dapat diukur pada ternak sapi jantan, dengan mengukur produksi kerabat-kerabat betinanya yang menghasilkan susu.
c.         Seleksi Silsilah (Pedigree Selection)
Seleksi yang dilakukan berdasarkan pada silsilah seekor ternak. Seleksi ini dilakukann untuk memilih terrnak bibit pada umur muda, sementara hewan muda tersebut beium dapat menunjukkan sifat-sifat produksinya.
d.        Uji Keturunan (Progeny Test)
Dalam melakukan seleksi, diperlukan suatu catatan atau recording sebagai bahan evaluasi. Pada dasarnya catatan atau recording yang biasa digunakan dalam program seleksi berupa catatan fenotip yang biasa berasal dari :
1.    Catatan fenotip ternak itu sendiri.
2.    Catatan fenotip dari saudara-saudaranya.
3.    Gabungan keduanya.
Dalam pemuliaan temak, seorang peternak cenderung untuk merubah atau menentukan hat-hat yang terlihat seperti produktifitas ternak pada tingkatan tertentu yang diinginkan. Untuk melakukannya diperlukan informasi atau data mengenai sifat-sifat yang akan diturunkan tersebut atau sering disebut dengan sifat-sifat genetic misalnya seperti bobot badan, produksi telur, warna bulu dan sebagainya.

dst.... (download kelanjutan makalah di sini)


Ini dia gambaran Penutupnya dan Daftar Pustakanya :


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Meningkatkan kualitas dan performa dari suatu ternak membutuhkan penanganan khusus dari peternak salah satunya melalui kegiatan seleksi sebagai dasar-dasar seleksi dan metode seleksi. Bagaimana cara-cara pelaksanaan seleksi yang baik sehingga dapat meningkatkan hasil genetic yang lebih baik. Bagaimana pemilihan tetua maupun induk yang baik dan benar sehingga mendapatkan bakala-bakalan yang dapat meneruskan generasinya dengan tetap mempertahankan catatan prestasi yang maksimal.
Seleksi adalah istilah dalam pemilihan ternak yang menggambarkan proses pemilihan secara sistimatis ternak-ternak dari suatu populasi untuk dijadikan tetua generasi berikutnya.
Uji Zuriat atau juga dikenal dengan nama Progeny Test yaitu serangkaian uji pada calon pejantan untuk mengetahui kemampuan mewariskan sifat-sifat unggulnya pada keturunannya. Penilaian mutu yang berdasarkan prestasi dari keturunannya adalah Progeny Test atau uji keturunan. Tes ini umumnya dilakukan terhadap pejantan, karena ia bertanggung jawab terhadap banyaknya keturunan yang dihasilkan seumur hidupnya.



DAFTAR PUSTAKA
Anonymous.2012.SeleksiPraktikumPemuliaan.http://www.scribd.com/doc/86563515/Seleksi-praktikum-pemuliaan-7. Diakses Mei 2012.

Mentari. 2010. Seleksi dan Pembibitan. http://nelvi-mentari.blogspot.com/2010/01/seleksi-dan-pembibitan.html. Diakses Mei 2012.

Noor Rahman. R, 2004. Genetika Ternak. Penebar Swadaya. Jakarta.

Pane Ismed, 1986. Pemuliabiakan Ternak Sapi. PT. Gramedia. Jakarta.

Priyono.2009.UjiKeturunan.http://www.ilmupeternakan.com/2009_04_01_archive.html.  Diakses Mei 2012.

Syahrul,Asfar.2011.SeleksiIndividu.http://peternakanunhas.blogspot.com/2011/05/seleksi-individu.html. Diakses Mei 2012.

Warwick, E. J. 1995. Pemuliaan Ternak. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Okey, itulah tadi sedikit potongan makalah kuliah tentang Progeny, Uji Keturunan, Uji Zuriat. Sedikit "Alasan saya memotong makalah" dalam postingan saya, baca di sini.

Makalah kuliah ini dapat Anda baca lebih lanjut dengan download lewat link download di bawah ini :
download makalah
Semoga makalah kuliah ini dapat bermanfaat buat Anda :
Mohon Perhatian

Terima kasih atas kunjungan Anda di kutu kuliah. Hubungi kami jika Anda menemukan konten/postingan
yang rusak/tidak terbaca. Silahkan beritahu kami dengan menulis pesan
pada kotak komentar. Kami akan berusaha menanggapi dan memperbaiki konten
tersebut secepatnya. Saran, kritik, dan komentar Anda sangat berharga buat kami. Terima Kasih, Contact on : mahirblogger@gmail.com.
Posting Komentar