Tugas Kuliah : Politik dan Strategi Nasional

Tugas Kuliah-Kutu kuliah pada kesempatan ini kembali ingin share kepada Anda tentang tugas kuliah, atau apa pun itulah (maksudnya : apa yang saya posting tidak mesti isinya itu tugas kuliah) yang penting ini dapat bermanfaat buat Anda. Nah, kali ini saya posting sebuah tugas kuliah, yang saya beri judul "Politik dan Strategi Nasional". Berbicara dalam konteks nasional atau Indonesia, bangsa Indonesia pasti dalam kehidupan bernegara memiliki suatu tujuan atau cita-cita. Tujuan dan cita-cita itu biasanya berwujud dalam
sebuah langkah-langkah untuk melaksanakannya yang dituangkan dalam sebuah rencana "Politik dan Strategi Nasional", apa dan bagaimana itu ? Semoga ini dapat membantu Anda untuk menemukan jawabannya.


POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL
(POLSTRANAS)
     Agenda Pembangunan Nasional
Proses pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang berlangsung selama ini, selain telah menghasilkan kemajuan juga masih menyisakan banyak permasalahan baik permasalahan yang mendasar maupun permasalahan yang berkembang dewasa ini. Reformasi yang berjalan telah memberi perubahan yang lebih baik. Meskipun demikian, berbagai permasalahan mendasar menuntut perhatian khusus dalam membangun ke depan, diantaranya adalah: (1) masih lemahnya karakter bangsa; (2) belum terbangunnya sistem pembangunan, pemerintahan, dan pembangunan yang berkelanjutan; (3) belum berkembangnya nasionalisme kemanusiaan serta demokrasi politik dan ekonomi; (4) belum terejawantahnya nilai-nilai utama kebangsaan dan belum berkembangnya sistem yang memungkinkan masyarakat untuk mengadopsi dan memaknai nilai-nilai kontemporer secara bijaksana; serta (5) kegamangan dalam menghadapi masa depan serta rentannya sistem pembangunan, pemerintahan, dan kenegaraan dalam menghadapi perubahan.
Berbagai permasalahan mendasar tersebut memberikan sumbangan yang besar bagi peluruhan sistem pemerintahan dan ketatanegaraan. Penanganan yang tidak sistemik terhadap permasalahan mendasar tersebut selanjutnya melahirkan persoalan baru yang berkembang dewasa ini baik di bidang ekonomi, sosial, politik, kelembagaan, maupun keamanan. Permasalahan mendasar ini perlu ditangani secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Pemecahan terhadap permasalahan-permasalahan baru yang berkembang dewasa ini harus pula merupakan langkah awal pemecahan masalah mendasar tersebut.

Agenda mewujudkan Indonesia yang damai dan aman meliputi :
1)      Peningkatan saling percaya dan harmonisasi antar kelompok masyarakat;
2)      Mengembangkan kebudayaan yang berlandaskan pada nilai luhur;
3)      Peningkatan keamanan, ketertiban, dan penanggulangan kriminalitas;
4)      Pencegahan dan penanggulangan separatisme;
5)      Pencegahan dan penanggulangan gerakan terorisme;
6)      Peningktan pengetahuan pertahanan negara;
7)      Pemantapan politik luar negeri dan peningkatan kerjasama internasional.
Agenda mewujudkan Indonesia yang adil dan demokratis :
1)      Pembenahan sistem hukum nasional dan politik hukum;
2)      Penghapusan diskriminasi dalam berbagai bentuk;
3)      Penghormatan, pemenuhan serta penegakkan hukum dan pengakuan atas hak asasi manusia;
4)   Peningkatan kualitas kehidupan dan peran perempuan, serta kesejahteraan dan perlindungan anak;
5)      Revitalisasi proses desentralisasi dan otonomi daerah;
6)      Penciptaan tata pemerintahan yang bersih dan berwibawa;
7)      Perwujudan lembaga demokrasi yang makin kokoh.
Agenda mewujudkan kesejahteraan masyarakat :
1)      Penaggulangan kemiskinan;
2)      Peningkatan investasi dan ekspor non-migas;
3)      Peningkatan daya saing industri manufaktur;
4)      Revitalisasi pertanian;
5)      Pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah;
6)      Peningkatan pengelolaan BUMN;
7)      Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi;
8)      Perbaikan iklim ketenaga kerjaan;
9)      Pemantapan stabilitas ekonomi makro.
Agenda pemberdayaan masyarakat :
Agenda utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah pemberdayaan masyarakat. Konsep pemberdayaan masyarakat mencakup  pengertian Community development (pemberdayaan masyarakat) dan Community-based development (pembangunan yang bertumpu pada masyarakat), dan tahap selanjutnya muncul istilah community driven development yang di terjemahkan sebagai pembangunan yang diarahkan masyarakat atau diistilahkan pembangunan yang digerakkan masyarakat.
Proses pemahaman secara mendalam, maka perlu di pahami tentang arti dan makna keberdayaan dan pemberdayaan masyarakat. Keberdayaan dalam konteks masyarakat adalah kemampuan individu yang bersenyawa dalam masyarakat dan membangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan. masyarakat yang sebagian yang sebagian besar anggotanya sehat fisik dan mental, terdidik dan kuat serta inovatif, tentu memiliki keberdayaan yang tinggi.
Namun selain nilai fisik tersebut di atas, maka ada pula nilai-nilai instrinsic dalam masyaratyang juga menjadi sumber keberdayaan, seperti nilai kekeluargaan, kegotongroyongan, kejuangan, dan yang khas pada masyarakat Indonesia yaitu kebhinekaan.
Keberdayaan masyarakat merupakan unsur-unsur yang memungkinkan masyarakat untuk bertahan (survive) dan dalam pengertian dinamis mengembangkan diri mencapai suatu kemajuan. Keberdayaan masyarakat ini menjadi sumber dari apa yang dalam wawasan politik pada tingkat nasionaldisebut ketahanan nasional.
Memberdayakan masyarakat adalah upaya untuk meningkat harkat dan martabat lapisan masyarakat indonesia yang dalam kondisi sekarang tidak mampu melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Dengan kata lain memberdayakan masyarakat adalah memampukan dan memandirikan masyarakat secara maksimal.
Meskipun pemberdayaan masyarakat bukan semata-mata konsep ekonomi, dari sudut pandang yang lain, bahwa pemberdayaan masyarakat secara implisit mengandung arti menegakkan demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi secara harfiah berarti kedaulatan rakyat di bidang ekonomi, dan kegiatan ekonomi yang berlangsung adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Lima agenda pembangunan nasional Pemerintahan SBY periode II kepemimpinannya yaitu :
Pertama, pemeliharaan kesejahteraan rakyat utamanya masyarakat miskin, serta penataan kelembagaan dan pelaksanaan sistem perlindungan sosial.
dst.....


Tugas kuliah ini saya potong lagi,belum tahu jawabannya, temukan dengan menelusuri link ini.

Setelah Anda sudah membaca dan paham serta berminat untuk mengambilnya sebagai referensi, silahkan Anda klik link download pada gambar di bawah ini :
download makalah
Kutu kuliah berharap apa yang kami posting bermanfaat buat Anda, jika Anda masih bingung untuk mendownload file di blog kami, silahkan klik pada navbar "Cara Download" untuk mengetahui cara download filenya. Anda pun dapat membaca beberapa artikel atau postingan kami yang lain, beberapa rekomendadi :
4. dll....
Mohon Perhatian

Terima kasih atas kunjungan Anda di kutu kuliah. Hubungi kami jika Anda menemukan konten/postingan
yang rusak/tidak terbaca. Silahkan beritahu kami dengan menulis pesan
pada kotak komentar. Kami akan berusaha menanggapi dan memperbaiki konten
tersebut secepatnya. Saran, kritik, dan komentar Anda sangat berharga buat kami. Terima Kasih, Contact on : kutukuliah@gmail.com.
Posting Komentar